recent








Kamis, 15 Mei 2014

MELINDUNGI SISTEM INFORMASI (BAB 8)

Sistem informasi perlu dilindungi dari perusakan, kesalahan dan penyalahgunaan.
Sebelumnya kita mengerti arti dari sistem informasi itu apa. Sistem informasi (information system) merupakan komponen yang saling terkait yang berkerja sama untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyebarkan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan, koordinasi, pengendalian, analisis, dan visualisasi dalam organisasi.
Apabila kita mengoperasikan bisnis tiap hari, maka kita harus menempatkan pengamanan dan pengendalian sebagai prioritas utama.
- Pengamanan merujuk pada kebijakan, prosedur, dan pengukuran teknik yang digunakan untuk mencegah akses yang tidak sah, penggantian, pencurian, atau kerusakan fisik pada sistem informasi.
- Pengendalian terdiri atas semua metode, kebijakan, dan prosedur organisasi yang menjamin keselamatan asset-aset organisasi; ketepatan dan keandalan catatan rekeningnya; serta kepatuhan operasional pada standar-standar manajemen.

Dengan terkonsentrasinya data dalam bentuk elektronik dan berbagai prosedur yang tidak tampak lagi karena otomatisasi proses, sistem informasi computer rentan terhadap perusakan, penyalahgunaan, kesalahan (error), kecurangan, dan gangguan perantik keras dan perantik lunak.
Sistem-sistem perusahaan yang menggunakan Web khususnya sangat rentan karena Web di rancang sebagai sistem yang dapat diakses oleh semua orang dan membuat sistem perusahaan lebih mudah mendapat serangan dari pihak luar.

Para hacker melalui berbagai tipu musibah dapat mengakses data yang mengalir dalam jaringan, mencuri data yang penting selama pengiriman, atau mengubah pesan tanpa izin. Internet dan jaringan lainnya sangat rentan terhadap gangguan yang berasal dari radiasi. Penyusup dapat menlancarkan serangan penolakan layanan (DoS) atau perantik lunak berbahaya yang bertujuan dapat menganggu ataupun kekacauan serius pada sistem.

Wi-Fi merupakan standar untuk jaringan nirkabel dan merujuk kekelompok 802.11 dari standar nirkabel. Jaringan Wi-Fi dengan mudah dapat disusupi penyelundup menggunakan program sniffer unuk mendapatkan sebuah alamat sebagai sumber akses jaringan.
Perantik Lunak Berbahaya : Virus, Worm, Trojan Horse, Dan Spyware.

Malware adalah  program  perantik lunak yang berbahaya meliputi berbagai jenis ancaman seperti virus komputer, worm, dan Trojan  horse. Untuk itu kita terlebih dahulu dapat mengetahui arti ataupun pengertian dari virus-virus yang berbahaya dalam perantik lunak tersebut antara lain sebagai berikut.
Virus komputer adalah  program aplikasi yang bertujuan untuk dijalankan yang terhubung dengan sendirinya dengan program aplikasi perantik lunak lainya atau data, sering menyebabkan perantik keras dan lunak tidak berfungsi dengan baik. Dengan kata lain program perantik lunak berbahaya yang menempelkan dirinya ke program lainnya atau file data untuk dieksekusi, biasanya tanpa sepengetahuan atau seizing pengguna.
Worm adalah program perantik lunak yang menyebar dengan sendirinya untuk mengganggu operasional jaringan komputer atau menghancurkan data dan program lainnya.
Trojan Horse adalah program perantik lunak yang tampaknya tidak berbahaya tapi justru berbuat sesuatu yang tidak diperkirakan.
Spyware adalah teknologi yang membantu mengumpulkan informasi tentang seseorang atau organisasi tanpa sepengetahuan mereka. Program kecil ini memasang diri secara sembunyi-sembunyi di komputer untuk memantau kegiatan penelusuran web oleh pengguna komputer dan untuk memunculkan iklan.
Virus Komputer dan Worm dapat merajalela dari satu sistem ke sistem lain, memakan memori computer atau menghancurkan program dan data komputer.

Kejahatan Komputer dan Terorisme Maya.
1Pencurian Identitas adalah : Pencurian bagian kuncul dari informasi pribadi atau kejahatan di mana seorang penipu mendapatkan informasi yang penting, seperti kartu kredit atau nomor jaminan sosial dengan tujuan mendapatkan layanan atas nama korban atau untuk mendapatkan data rahasia yang tidak tepat. Pencurian identitas telah berkembang pesat di internet. file kartu kredit adalah sasaran utama para hacker situs web. Situs e-commerce adalah sumber informasi pribadi yang luar biasa karena menyimpan nama, alamat, dan nomor telepon.
Phising adalah bentuk penipuan melibatkan pembuatan halaman situs palsu atau pesan elektronik (e-mail) seolah-olah berasal dari pihak yang sah dan menanyakan data pribadi yang rahasia.
Pharming adalah Teknik phising yang mengarahkan pengguna ke halaman situs web palsu, bahkan saat seseorang mengetikkan alamat halaman situs yang seharusnya.
2. Click Fraud (penipuan lewat klik) adalah : mengklik dengan curang iklan online berbayar untuk mengahasilkan biaya per klik yang tak semestinya. Penipuan lewat klik terjadi seseorang atau program computer dengan curang mengeklik sebuah iklan online tanpa maksud mempelajari lebih lanjut tentang pemasangan iklannya atau melakukan pembelian.
3. Terorisme maya dan perang maya , semakin besar perhatian difokuskan pada kerentanan internet arau jaringan lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh teroris, badan intel luar negeri atau kelompok lain untuk menciptakan gangguan dan bahaya luas. Serangan maya seperti itu sasaranya mungkin berupa perantik lunak yang menjalankan pembagian listrik, mengendalikan lalu lintas udara atau jaringan bank-bank aatau institusi keunagan besar.

Like the Post? Do share with your Friends.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IconIconIconFollow Me on Pinterest

Blogger news

Blogroll

What's Hot