recent








Kamis, 15 Mei 2014

TELEKOMUNIKASI, INTERNET DAN TEKNOLOGI NIRKABEL (BAB 7)


Telekomunikasi, Internet dan Teknologi Nirkabel
• Telekomunikasi
Sistem Telekomunikasi adalah Kumpulan perantik keras dan lunak yang sesuai yang diatur untuk mengokunikasikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya.
• Internet
Internet adalah jaringan dari jaringan global menggunakan standar universal untuk menghubungkan jutaan jaringan yang berbeda. atau dengan kata lain internet berasal dari kata internetworking atau terhubungnya jaringan-jaringan terpisah, yang masing-masing memilki identitasnya sendiri, menjadi jaringan saling terhubung.
• Teknologi Nirkabel
Teknologi Nirkabel adalah jaringan system yang menggunakan kabel untuk mengakses suatu informasi.
Sebuah jaringan sederhana terdiri atas dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Komponen-komponen dasar jaringan adalah komputer, penghubung jaringan, medium koneksi, perantik lunak sistem operasi jaringan, hub atau switch.
Hub adalah perantik yang sangat sederhana yang menghubungkan komponen jaringan, mengirimkan paket data ke semua perantik yang terhubung.Sedangkan
Switch adalah perantik yang menghubungkan komponen jaringan yang lebih cerdas daripada hub dan dapat menyaring dan mengirim data ke tujuan tertentu.

Teknologi Utama Dalam Jaringan Digital
Komputasi Klien/Server
adalah sebuah model komputasi terdistribusi dimana beberapa tenaga pemrosesan yang ditempatkan dalam komputer klien yang kecil dan tidak mahal dibawah kendali pengguna, dan tersimpan pada PC, Laptop atau perangkat perangkat genggam.
Packet Switching
Packet Switching adalah teknologi yang memecah pesan menjadi paket data berukuran kecil dan mengarahkan paket tersebut seekonomis mungkin melalui jalur komunikasi yang tersedia.
TCP/IP dan Konektivikasi
Transmission Control Protocol/ Internet Protocol (TCP/IP) adalah model dominan untuk mendapatkan konektivikasi antarjaringan berbeda yang menyediakan metode umum disetujui untuk memecah pesan digital menjadi paket, mengarahkan pesan-pesan tersebut kealamat yang tepat, dan kemudian menyamankan pesan tersebut menjadi pesan yang teratur dari sebelumnya.
REVOLUSI NIRKABEL
Perangkat nirkabel yang mendukung Revolusi komunikasi nirkabel atau mobile dan komputasi meliputi:
Ponsel
  Personal digital assistant (PDA): Kecil, komputer genggam yang menampilkan aplikasi seperti penjadwal elektronik dan buku alamat
 E-mail handheld: Jenis khusus genggam yang dioptimalkan untuk pesan teks nirkabel
 Ponsel pintar: perangkat Hybrid menggabungkan fungsi PDA dengan sebuah ponsel digital
Layanan seluler digital menggunakan standar bersaing beberapa yang tidak kompatibel.
 Global System for Mobile Communication (GSM) adalah standar yang digunakan di Eropa dan banyak dari sisa dunia di luar Amerika Serikat. GSM kekuatan adalah dalam kemampuan roaming internasional.
 Code Division Multiple Access (CDMA) adalah standar paling banyak digunakan di Amerika Serikat.CDMA lebih murah dan mendukung transmisi kualitas yang lebih tinggi.
Sebagian besar sistem selular digital saat ini dapat mengirimkan data pada tingkat berkisar 9,6-2. 384 Kbps dapat diterima untuk email tetapi tidak untuk men-download file besar atau halaman Web.
Pesan layanan singkat (SMS) adalah pesan teks layanan yang digunakan oleh beberapa sistem telepon seluler digital untuk mengirim dan menerima pesan singkat alfanumerik.
 Jaringan 2.5G menggunakan upgrade ke infrastruktur seluler yang ada dan tingkat fitur transmisi data berkisar antara 30 sampai 144 Kbps.
Jaringan selular yang lebih kuat yang disebut generasi ketiga (3G) jaringan memiliki kecepatan transmisi mulai dari 384 Kbps untuk pengguna ponsel di, katakanlah, mobil, untuk lebih dari 2 Mbps untuk pengguna stasioner, cukup untuk download media yang kaya.
Ada juga beberapa standar dan teknologi telepon seluler yang mengatur bagaimana akses Internet dan World Wide Web.
Wireless Application Protocol (WAP) adalah sistem protokol dan teknologi yang memungkinkan ponsel dan perangkat nirkabel lain dengan layar tampilan kecil, rendah-bandwidth koneksi, dan memori minimal untuk mengakses layanan Web.
Microbrowser adalah sebuah browser internet yang bekerja dengan kendala memori rendah dan kebutuhan bandwidth rendah perangkat genggam nirkabel dan menggunakan WML (Wireless Markup Language). Permintaan dibuat untuk gateway WAP yang diterjemahkan konten HTML ke WML untuk klien WAP untuk menerimanya.
I-mode adalah layanan nirkabel yang ditawarkan oleh Jepang NTT DoCoMo jaringan ponsel yang menggunakan HTML kompak bukan WML untuk memberikan konten.
Jaringan sensor nirkabel (WSNs) adalah jaringan dari ratusan atau ribuan perangkat nirkabel saling berhubungan, atau node, yang tertanam ke dalam lingkungan fisik untuk menyediakan pengukuran banyak titik di ruang besar. Mereka didasarkan pada perangkat dengan built-dalam pengolahan, penyimpanan, dan sensor frekuensi radio dan antena. Kedua perangkat tersebut terhubung ke jaringan interkoneksi dimana data yang diarahkan mulus antara semua node dan diteruskan ke komputer untuk analisis. Jaringan sensor nirkabel yang berharga dalam bidang-bidang seperti pemantauan perubahan lingkungan, pemantauan kegiatan lalu lintas atau militer, melindungi properti, efisien operasi dan mengelola mesin dan kendaraan, menetapkan batas-batas keamanan, pemantauan manajemen rantai pasokan, atau mendeteksi kimia, biologi, atau bahan radiologi.

Like the Post? Do share with your Friends.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IconIconIconFollow Me on Pinterest

Blogger news

Blogroll

What's Hot